Sabtu, 22 Agustus 2009


Pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2009 kemarin, "Porseni tingkat MI" kecamatan Winong telah selesai dilaksanakan. Kegiatan Porseni ini diikuti dan dibiayai oleh 11 MI se-kecamatan Winong. Meskipun kegiatan Porseni ini merupakan langkah awal penyaringan atlit untuk dikirim ke tingkat Kabupaten nanti, namun bagi sebagian besar siswa kegiatan ini merupakan hiburan yang menyenangkan. Anak-anak yang dalam kesehariannya selalu dijejali dengan materi pelajaran, sejenak mereka bisa refreshing dengan mengikuti Porseni.
Bagi siswa-siswi MI Tanggel misalnya, meskipun tidak ada satupun medali emas yang berhasil diraih namun perasaan puas dan senang tetap dirasakan oleh anak-anak maupun guru. Pagi jam 7.00 anak-anak sudah bersepeda bersama guru menuju lapangan tempat Porseni yang berjarak kurang lebih 4 km. Setiba dilapangan para atlit siap untuk bertanding sementara sporter dari teman mereka sendiri menyemangati dengan penuh antusiasnya.

Inilah suatu "Pelajaran penting Porseni", yaitu rasa kebersamaan dan sportifitas baik atlit maupun sporter. Misalnya saja pada permaian sepak bola mini, meskipun ketika dilapangan terkadang anak-anak harus beradu kaki maupun beradu badan namun setelah selesai tak ada satupun rasa dendam. Dengan riangnya mereka malahan saling membagi air minum ataupun makanan snack yang dibawa. Suatu pemandangan yang menyejukkan hati.
Demikian juga dengan sporter, ketika atlit lawan tidak membawa air minum, mereka juga menawarkan air minumnya. Seusai pertandingan tidak ada sedikitpun nada ejekan ataupun cemoohan bagi yang kalah. Suatu sikap sportifitas yang pantas diacungi jempol.
Bagi guru, melihat anak-anaknya bertanding dilapangan cukup membuat senang dengan suguhan kelucuan dan keluguan yang ditampilkan oleh anak. Cukuplah dengan "Pelajaran penting Porseni" ini merupakan hadiah utama bagi para guru meskipun anaknya tidak mampu merebut juara pertama.
Demikian juga halnya dengan kami, cukuplah kami berbangga dengan mengantongi juara 2 dan 3 dibeberapa perlombaan. Bagi kami yang terpenting adalah semangat sportifitas dan kebersamaan dari anak-anak telah berhasil terbentuk dengan baik