Rabu, 02 September 2009

Istilah Guru pada umumnya diartikan sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan pada anak didik. Pada umumnya Guru juga dianggap komponen yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari pada komponen pengajaran lainnya. Sebab guru dianggap sebagai sumber daya manusia yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Pandangan ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa guru mempunyai hubungan sangat dekat dengan anak didik dalam upaya pendidikan sehari – hari di sekolah. Ini menunjukkan betapa besar peranan guru dalam dunia pendidikan di sekolah. Lebih jelasnya silakan baca kembali artikel "Peranan Guru".
Istilah guru dalam masyarakat umum dipandang sebagai orang yang melaksanakan pendidikan di tempat – tempat tertentu, tidak mesti di lembaga pendidikan formal. Masyarakat merasa yakin bahwa dengan pendidikan dari gurulah yang akan mengantarkan anak-anak mereka menjadi orang yang kepribadian mulia.
Dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat ini, mengisayaratkan bahwa di pundak guru terpikul tugas dan tanggung jawab yang besar. Guru tidak hanya memberikan pembinaan sikap, tingkah laku dan perbuatan anak didiknya di lingkungan sekolah saja bahkan sampai diluar lingkungan sekolah. Baca kembali artikel tentang "Profesionalisme Guru"

Guru dituntut untuk mengajar dalam artian menyampaikan pengetahuan sekaligus senantiasa mengembangkan kepribadian anak didiknya menjadi pribadi yang utama.
Sedangkan dalam undang – undang No. 2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional, mempunyai kewajiban untuk membimbing, mengajar dan melatih anak didik.
Dengan memperhatikan kedudukan guru yang demikian besarnya maka tidaklah heran jika pembaharuan suatu bangsa berada ditangan para guru. Demikian yang terjadi pada negara Jepang ketika dibom atom oleh sekutu, hal pertama yang dipertanyakan adalah masih ada berapa guru yang berhasil selamat dari kehancuran bom. Hal ini dikarenakan bangsa Jepang sadar bahwa kemajuan dan kemunduran suatu bangsa sangat besar ditentukan oleh jasa pendidikan. Sementara guru adalah motivator dan fasilitator utama dalam proses pendidikan.
Betapa besar kedudukan guru ini juga diutarakan oleh Sayyid Alwi bin As-Saqah sebagai berikut :
ان المشيخة شأنها عظيم وامرها عال جسيم (القوائد المكية ص۲۵ )
Artinya : “Sesungguhnya guru itu kedudukannya sangat penting dan peranannya amat tinggi dan besar”
Demikianlah kedudukan guru yang demikian besar dan penting. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih guru, jangan sampai salah dalam mengangkat dan memilih seorang gru bagi anak-anak kita. Silahkan baca kembali artikel tentang "Hubungan Guru dan Murid" untuk lebih jelasnya.