Senin, 13 Juli 2009

Apakah anak anda selalu mengikuti nasehat anda? Apakah anak anda termasuk anak yang patuh ataukah pembangkang? Jika anda seorang guru SD/MI, tahukah anda apa sebab murid anda suka membangkang jika dinasehati?
Artikel singkat ini akan memaparkan sebab-sebab umum yang menyebabkan anak tidak mau mematuhi nasehat ataupun aturan yang telah dibuat. Mengetahui sebab-sebab anak tidak patuh ini sangat penting, sebab ia merupakan diagnosa awal untuk dapat segera ditindak lanjuti oleh orang tua ataupun guru. Setelah mengetahui apa penyebab anak tidak patuh maka seorang guru ataupun orang tua akan dapat menentukan metode yang tepat dalam membina anak ataupun muridnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak tidak patuh. Yaitu antara lain :
a. Perintah yang diberikan kepada anak bertentangan dengan naluri atau instinc anak. Misalnya melarang anak untuk bermain dan bergerak. Dunia bermain dan selalu bergerak adalah termasuk naluri anak. Ketika bermain sebenarnya anak mengembangkan kemampuan – kemampuannya. Selain itu anak yang aktif menunjukkan bahwa anak itu sehat.
b. Perintah yang diberikan sering berubah – ubah. Misalnya pada suatu saat orang tua melarang anak – anak minum es, tetapi pada saat yang lain orang tua mengabaikannya.
c. Perintah – perintah yang diberikan berada di luar kemampuan anak. Misalnya saja anak umur 5 tahun diberi perintah untuk berjaga di malam hari.
d. Anak – anak kurang dapat berpikir dengan benar, dan otak merekapun tidak dapat melaksanakan perintah kecuali dengan jalan yang lambat.
e. Anak mempunyai kencenderungan yang berbeda dari apa yang diperintahkan, atau anak belum siap mererima perintah tersebut. Anak memang punya hak untuk menolak, sebab ia juga mempunyai keinginan dan pemikiran sendiri.
f. Perintah yang disampaikan tidak pada waktu yang sesuai. Misalnya saja ketika anak sedang asik – asiknya bermain kemudian diperintah untuk segera makan, tentunya anak cenderung menolak perintah tersebut.
g. Terkadang perintah yang diberikan tidak ada unsur sugestinya, atau bahkan berupa sugesti yang buruk. Misalnya “Dasar dungu, cepat bersihkan lantai ini !”. Perintah semacam ini malah akan melemahkan jiwa anak.
h. Anak tidak tahu manfaat dari perintah yang diberikan dan tidak tahu bahaya yang terjadi jika larangan yang diberikan dilanggar.
Inilah beberapa penyebab anak tidak patuh. Untuk mengetahui cara menanamkan kepatuhan ataupun ketaatan pada anak, insyaallah akan kami posting pada kesempatan yang akan datang. Tunggu saja