Sabtu, 28 Maret 2009

ATASI STRES
Banyak faktor yang memacu timbulnya stres, beberapa faktor sering kali berhubungan dengan perubahan dalam hidup. Kalo kita menanggapi stres dengan cemas, tegang, atau gelisah, akibatnya tidak hanya akan mengganggu mental, tapi juga fisik seperti denyut jantung menjadi sangat cepat, napas terengah-engah, serta mulut menjadi kering.

Atasi stres dengan perawatan sendiri bisa dilakukan dengan cara ...............

Penasaran, klik aza lagi !


* Belajarlah santai. Teknik imajinasi terarah, meditasi, mengendurkan otot, dan bernapas dengan rileks akan membuat santai, dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah.
* Diskusikan masalah dengan teman yang bisa dipercaya. Berdiskusi akan mengurangi ketegangan dan menempatkan masalah dalam perspektif yang benar dan mengambil jalan keluar yang baik
* Rencanakan pekerjaan selangkah demi selangkah. Mulai dari yang kecil
* Kendalikan amarah. Amarah perlu dikeluarkan tetapi hati-hati. “Hitung sampai 10″ agar amarah yang keluar terkendali.
* Melepaskan diri. Mengubah derap hidup bisa menumbuhkan harapan hidup.
* Bersikap realistis. Buat target realistis, buat prioritas. Konsentrasi pada hal penting. Kalau target anda terlalu tunggi, anda akan kecewa kalau sampai gagal.
* Jauhi hal-hal yang menyimpang, Kadang kita lari ke obat-obatan atau alkohol demi merasa lega. Cara itu tidak menyelesaikan masalah. Itu bisa makin terpuruk.
* Cukup tidur, olahraga, dan makan makanan yang bergizi. Tubuh yang sehat menghasilkan pikiran yang sehat .
* Cari bantuan. Segera minta bantuan dokter, psikolog maupun psikiater bila mengalami stres yang memang anda tak bisa mengatasinya sendiri.