DASAR HUKUM PELAKSANAAN
SELAMATAN DI JAWA
A. PENDAHULUAN
Tradisi tahlil atau tahlilan tidak hanya dikenal dikalangan umat Islam di Indonesia, menurut Agus Sunyoto --penulis buku syeh Siti Jenar-- berpendapat bahwa tradisi tahlil juga dilaksanakan di Iran, Hal tersebut didasarkan kenyataan bahwa ketika Imam Khomeini –pemimpin syi’ah- meninggal juga diadakan tahlil untuk mendoakannya. [1]
Dalam suatu qawa’id fiqhiyyah yang dirumuskan dalam ungkapan ‘addah mahakkamah (kebiasaan atau tradisi local, diakui sebagai hukum yang berlaku) artinya adat kebiasaan masyarakat atau budaya local diakui sebagai salah satu instrument ajaran dalam Islam, sepanjang adat kebiasaan atau budaya local tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip lain yang sudah
Kehadiran instrument islam akan selalu mengakibatkan transformasi social menuju suatu bentuk baru yang tidak serta merta memotong habis masa lampau budaya local yang dimasukinya, melainkan dapat juga melestarikan apa saja yang baik dan benar dari masa lampau. Seperti jilbab yang dipakai pada masyarakat Arab, sirwal pada masyarakat
Upacara selamatan bagi orang meninggal (tradisi tahlilan) hari ke-1, 2. 3, 7, 40, 100 atau seribu hari hingga haul (ulang tahun hari kematian yang dilaksanakn setiap tahun) dengan kegiatan tahlil adalah suatu tradisi untuk menanamkan tauhid di tengah suasana keharuan duka yang sentimentil dan sugestif. Tahlil menurut masyarakat NU (nahdlatul “ulama) merupakan ritual mengirim do’a pengampunan dan keselamatan pada mereka (orangtua, ulama, dsb) yang telah meninggal. Namun ada juga beberapa ulama yang melakukan pengiriman do’a kepada mereka yang masih hidup.
Tradisi tahlil dalam masyarakat jawa juga sering disebut dengan kata sedekah (sedekahan), karena setiap kegiatannya dianggap selalu memberikan sedekah (pemberian) baik bagi mereka yang datang berkunjung atau bagi pemilik hajat. Jadi masing-masing saling bersedekah (memberi) dalam bentuk barang atau pun berupa dukungan moral yang sangat mereka harapkan. Dukungan moral diantara mereka secara psikologis dapat saling memberi motivasi.
Fenomena yang terlihat di masyarakat ada beberapa jenis makna penyebutan kata pelaksanaan tahlilan umumnya dipakai untuk persembahan yang dikelompokkan menurut jenis, maksud dan suasana; ketika dipakai untuk peristiwa gembira disebut syukuran, Untuk peristiwa sedih (kematian) atau untuk meminta perlindungan (pindah rumah, menepati kantor/rumah baru, awal membuka usaha, dll) disebut selamatan (mohon perlindungan), dan untuk meminta sesuatu disebut hajatan (menghasratkan sesuatu). Dalam kenyataan istilah syukuran, hajatan dan sedekah sulit dibedakan, mereka lebih sering menggunakan kata tahlil-an.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun yang menjadi permasalahan adalah bagaimanakah pelaksanaan selamatan Tahlilan (kematian dan bagaimanakah dasar hukum pelaksanaan Tahlilan?
C. PEMBAHASAN
Kata tahlil merupakan bentuk masdar yang berasal dari bahasa arab yaitu : Halala – tahliilan – tahlil, artinya membaca/mengucap kalimat “ Laa ila ha Illallah“ makna inilah yang dimaksud dengan pengertian tahlilan. [2]
Dikatakan sebagai tahlil, karena memang dalam pelaksanaannya lebih banyak membaca kalimat-kalimat yang mengesakan Allah seperti “tahlil” (membaca lailaha ilallah), tahmid, dan lain sebagainya sesuai dengan tradisi masyarakat setempat atau pemahaman dari guru (syekh) suatu daerah tertentu. [3]
Berdasarkan studi sejarah Islam di Indenesia banyak dikemukakan bahwa kelompok-kelompok tarekat telah berkembang pesat sejak abad ke 13. Perkiraan bahwa kelompok tarekat merupakan kelompok yang mentradisikan tahlil/zikir didasarkan pada konsep ajaran-ajaran yang dikembangkan. Dapat disebutkan inti ajaran tarekat adalah pelaksanaan zikirullah sebagai jalan untuk mensucikan dan mendekatkan diri pada sang khaliq.
Aktifitas tahlil/zikir yang berawal dari ajaran tarekat itulah yang kemudian meluas menjadi tradisi tahlil. Persoalannya kemudian, aktifitas tahlil yang berkembang tidak sepenuhnya bermakna sebagai jalan mendekatkan pada Allah. Tradisi tahlil ternyata telah melampaui spectrum dari tujuan awal tarekat. Aktifitas tahlil telah bergeser dan ditempatkan sebagai alat untuk segala kepentingan, baik yang bersifat ritual maupun cultural.
[4]
من أراد بر والديه فليتصدق عنهما فان الصدقة تصل الى الميت وينتفع بها بلا خلاف بين المسلمين وهذا هو الصواب وأما ما حكاه أقضى القضاة أبو الحسن الماوردى البصرى الفقيه
الشافعى فى كتابه الحاوى عن بعض أصحاب الكلام من أن الميت لا يلحقه بعد موته ثواب فهو مذهب باطل قطعيا وخطأ بين مخالف لنصوص الكتاب والسنة واجماع الامة فلا التفات اليه ولا تعريج عليه وأما الصلاة والصوم فمذهب الشافعى وجماهير العلماء أنه لا يصل ثوابها الى الميت الا اذا كان الصوم واجبا على الميت فقضاه عنه وليه أو من أذن له الولي فان فيه قولين للشافعى أشهرهما عنه أنه لا يصلح وأصحهما ثم محققى متأخرى أصحابه أنه يصح وستأتى المسألة فى كتاب الصيام ان شاء الله تعالى وأما قراءة القرآن فالمشهور من مذهب الشافعى أنه لا يصل ثوابها الى الميت وقال بعض أصحابه يصل ثوابها الى الميت وذهب جماعات من العلماء الى أنه يصل الى الميت ثواب جميع العبادات من الصلاة والصوم والقراءة وغير ذلك وفى صحيح البخارى فى باب من مات وعليه نذر أن ابن عمر أمر من ماتت أمها وعليها صلاة أن تصلى عنها وحكى صاحب الحاوى عن عطاء بن أبى رباح واسحاق بن راهويه أنهما قالا بجواز الصلاة عن الميت وقال الشيخ أبو سعد عبد الله بن محمد بن هبة الله بن أبى عصرون من أصحابنا المتأخرين فى كتابه الانتصار الى اختيار هذا وقال الامام أبو محمد البغوى من أصحابنا فى كتابه التهذيب لا يبعد أن يطعم عن كل صلاة مد من طعام وكل هذه إذنه كمال ودليلهم القياس على الدعاء والصدقة والحج فانها تصل بالاجماع ودليل الشافعى وموافقيه قول الله تعالى وأن ليس للانسان الا ما سعى وقول النبى صلى الله عليه وسلم اذا مات ابن آدم انقطع عمله الا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له
Dari perkataan Imam Nawawi tersebut dapat dipahami bahwa b
N
Pada pelaksanaan tahlilan selain bacaan tahlil ada juga beberapa ayat al-Quran, tasbih, hamdallah, shalawat dan bacaan-bacaan lainnya yang bagi umat muslim dianggap memiliki fadilah dan syafaat. Mereka sering mengamalkannya dalam segala macam acara ritual, bahkan dalam resepsi (sebelum atau setelah akad nikah) pun mereka tidak meninggalkan amalan tahlil ini. Dengan kata lain : digunakan bacaan-bacaan tertentu yang mengandung banyak keutamaan (fadhilah). Dimana Pahala bacaannya dihadiahkan kepada orang-orang yang telah meninggal. Untuk memudahkan penamaan orang menyebutnya dengan tahlil; lantaran dalam prakteknya pengamalan bacaan tahlil paling banyak dibaca. [7]
أن الصدقة عن الميت تنفع الميت ويصله ثوابها وهو كذلك باجماع العلماء وكذا أجمعوا على وصول الدعاء وقضاء الدين بالنصوص الواردة في الجميع ويصح الحج عن الميت اذا كان حج الاسلام وكذا اذا وصى بحج التطوع على الأصح عندنا واختلف العلماء في الصوم اذا مات وعليه صوم فالراجح جوازه عنه للأحاديث الصحيحة فيه والمشهور في مذهبنا أن قراءة القرآن لا يصله ثوابها وقال جماعة من أصحابنا يصله ثوابها وبه قال أحمد بن حنب[8]
ولا بأس بالقراءة ثم القبر وقد روي عن أحمد أنه قال إذا دخلتم المقابر اقرؤوا آية الكرسي وثلاث مرار قل هو الله أحد الإخلاص ثم قال اللهم إن فضله لأهل المقابر وروي عنه أنه قال القراءة ثم القبر بدعة وروي ذلك عن هشيم قال أبو بكر نقل ذلك عن أحمد جماعة ثم رجع رجوعا أبان به عن نفسه فروى جماعة أن أحمد نهى ضريرا أن يقرأ ثم القبر وقال له إن القراءة ثم القبر بدعة فقال له محمد بن قدامة الجوهري يا أبا عبد الله ما تقول في مبشر فلهذا قال ثقة قال فأخبرني مبشر عن أبيه أنه أوصى إذا دفن يقرأ عنده بفاتحة البقرة وخاتمتها وقال سمعت ابن عمر يوصي بذلك قال أحمد بن حنبل فارجع فقل للرجل يقرأ
Dari kitab tersebut dapat dipahami bahwa t[9]
وقال في شرح الكنز إن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره صلاة كان أو صوما أو حجا أو صدقة أو قراءة قرآن ذلك من جميع أنواع البر ويصل ذلك إلى الميت وينفعه ثم أهل السنة انتهى والمشهور من مذهب الشافعي وجماعة من أصحابه أنه لا يصل إلى الميت ثواب قراءة القرآن وذهب أحمد بن حنبل وجماعة من العلماء وجماعة من أصحاب الشافعي إلى أنه يصل كذا ذكره النووي في الأذكار وفي شرح المنهاج لابن النحوي لا يصل إلى الميت عندنا ثواب القراءة على المشهور والمختار الوصول إذا سأل الله إيصال ثواب قراءته وينبغي الجزم به لأنه دعاء فإذا جاز الدعاء للميت بما ليس للداعي فلأن يجوز بما هو له أولى ويبقى الأمر فيه موقوفا على استجابة الدعاء وهذا المعنى لا يختص بالقراءة بل يجري في سائر الأعمال والظاهر أن الدعاء متفق عليه أنه ينفع الميت والحي القريب والبعيد بوصية وغيرها وعلى ذلك أحاديث كثيرة
Dari kitab tersebut dapat dipahami s
Menurut Muh. Dachlan Arifin mengutip dari hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah menjelaskan bahwa amal kebaikan orang mu’min yang akan menjumpai dan berfaedah kepada orang itu, setelah nanti ia mati ialah: ilmu yang diajarkan dan disebarluaskan (disaat ia masih hidup), mushaf al-Quran yang diwariskan, anak shaleh yang ditinggalkannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangun untuk sabilillah, sungai/parit/selokkan yang digalinya, shodaqoh yang dikeluarkan dari hartanya ketika masih sehat di dunia.[11]